Analisis Penempatan Prajurit TNI di Jabatan Sipil Pada Masa Orde Baru dan Pascareformasi

IkhsanYosarie Yosarie, Meidi Kosandi

Abstract


Runtuhnya Orde Baru pada tahun 1998 menjadi titik balik upaya penataan institusi dan peran militer Indonesia. Penempatan militer pada jabatan sipil menjadi isu penting dalam penataan ini, sebab preseden Orde Baru memperlihatkan kondisi demikian tidak hanya mengganggu profesionalitas militer, tetapi juga konsolidasi demokrasi karena militer menjadi alat penopang kekuasaan Orde Baru. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan dengan proses pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan informan yang dipilih secara purposif dan analisis dokumen terkait. Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan fundamental dalam fenomena penempatan militer pada jabatan sipil. Jika masa Orde Baru penempatan tersebut merupakan aktualisasi doktrin dan regulasi, maka pascareformasi penempatan tersebut merupakan perluasan posisi militer pada jabatan sipil. Keduanya memiliki dampak yang sama, yakni regresi demokrasi melalui bentuk kontrol sipil subjektif (subjective civilian control). Kondisi demikian juga memperlihatkan kendala dalam upaya penataan reformasi TNI yang terjadi pascareformasi.


Keywords


Orde Baru; Jabatan Sipil; Reformasi TNI; Konsolidasi Demokrasi

Full Text:

PDF

References


A’raf, A. dkk. (2020). Peran Internal Militer: Problem Tugas Perbantuan TNI. Jakarta: IMPARSIAL the Indonesian Human Rights Monitor.

Asrinaldi. (2014). Kekuatan-kekuatan Politik di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Basuki, A. Y. (2014). Reformasi TNI: Pola, Profesionalitas, dan Refungsionalisasi Militer dalam Masyarakat. Sosiologi MASYARAKAT, 19(2), 135.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative & Mixed Methods Approaches, 4th ed. Sage Publication, London.

Desch, M., D. (2002). Politisi vs Jenderal: Kontrol Sipil atas Militer ditengah Arus yang Bergeser. Depok: Raja Grafindo Persada.

Firdaus, D. W. (2016). Kebijakan Dwifungsi ABRI dalam perluasan Peran Militer di Bidang Sosial Politik Tahun 1966-1998. Jurnal UPI: Bandung, 1–13.

Gunawan, A., B. (2017). Kontrol Sipil atas Militer dan Kebijakan Pertahanan di Indonesia Pasca Orde Baru. Jurnal Politik, 2(2).

Huntington, S., P. (1985). The Soldier and The State: The Theory and Politics of Civil Military Relations. London: The Belknap Press of Harvard University Press.

Huntington, S., P. (2003). Prajurit dan Negara: Teori dan Politik Hubungan Sipil-Militer. Jakarta: PT Grasindo.

Kompas.com. (2020). Era Erick Thohir, 22 Anggota TNI/Polri Masuk Jajaran Komisaris BUMN.

Marijan, K. (2010). Sistem Politik Indonesia: Konsolidasi Demokrasi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Kencana.

Mujiburrohman, M. A. (2021). Civil Society–Militer Dalam Mencapai Ketahanan Pangan Di Jawa Timur. KYBERNAN: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 12(2), 81–93.

Pramodhawardani, M., & Makaarim, M. (2009). Reformasi Tentara Nasional Indonesia: Panduan Pelatihan Tata Kelola Sektor Keamanan Untuk Organisasi Masyarakat Sipil, Sebuah Toolkit. Jakarta: Perumusan, Penerjemahan, dan Publikasi buku ini bagian dari Program Kerjasama DCAF di Indonesia. ISDPS, DCAF.

PRISMA. (2010). Meninjau Kembali Pertahanan Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Republika.co.id. (2021). Kala Brigjen TNI Jadi Stafsus Menparekraf.

Said, S. (2002). Tumbuh dan Tumbangnya Dwifungsi: Perkembangan Pemikiran Politik Militer Indonesia 1958-2000. Bekasi: Aksara Karunia.

Said, S. (2006). Militer Indonesia dan Politik. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Satrio, G., Midhio, I. W., & Deni D., A., R. (2018). Strategi Kerjasama Sipil dan Militer Bidang Pembangunan Infrastruktur Daerah dalam Rangka Memperkuat Pertahanan Negara (Studi di Provinsi Jawa Barat). Jurnal Prodi Strategi Perang Semesta, 4(2).

Setiawan, D. (2013). Perkembangan Hubungan Militer Dengan Sipil di Indonesia. Jurnal Global & Policy, 1(1).

Soebijono, D. (1992). Dwifungsi ABRI: Perkembangan dan Peranannya dalam Kehidupan Politik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press.

Syahrul, F., & Goncing, M., A. (2020). Analisis Keterlibatan Militer dalam Jabatan Sipil Tahun 2019 di Indonesia. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.36256/ijrs.v5i2.352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Religion and Society

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indonesian Journal of Religion and Society (IJRS) Is Indexed By:

        

 

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Religion and Society (IJRS) is distribute under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

IJRS Visitor